Profile

Peneliti UGM

Mulyadi Sumarto adalah seorang staff pengajar dan peneliti di Universitas Gadjah Mada (UGM). Mulyadi telah banyak melakukan penelitian dan mempubilaksikan berbagai tulisannya.  Fokus bidang kajiannya mengenai kebijakan sosial (social policy) dan pergeseran peranan negara dalam pendistribusian kesejahteraan . Topik ini mencakup isu yang terkait dengan: negara kesejahteraan (welfare state), rejim kesejahteraan (welfare regime), perlindungan sosial (social protection), modal sosial (social capital), pengembangan masyarakat (community development), dan tanggung jawab  sosial perusahaan (corporate social responsibility / CSR).

 

Sekarang Mulyadi sedang menyelesaikan program S3 di Australian Demographic and Social Research Institute (ADSRI), Australian National University (ANU), Australia dengan mengambil  konsentrasi kajian mengenai kebijakan sosial. Desertasinya yang rencananya akan diselesaikan pada bulan Juni 2012, berjudul: “Welfare Regime, Social Capital, and Clientelism: a Case Study of Welfare Provision Programs in Indonesia, 1998-2011”. Selama menyelesaikan studinya, Mulyadi tidak bisa aktif mengajar di di lembaga di mana dia bekerja yaitu di Jurusan Pembangunan Sosial dan Kesejahteraan, Fisipol UGM. Dia juga tidak  bisa aktif melakukan penelitian yang sebelumnya dia lakukan di Pusat Studi Kependudukan dan Kebijakan UGM.

Sebelum mengikuti program S3 di ANU, Mulyadi sempat mengikuti program S3 selama satu semester di Maastricht Graduate School of Governance, (MGSoG) Maastricht University, Belanda. Di MGSoG, Mulyadi  banyak belajar mengenai teori-teori tentang negara kesejahteraan dan perlindungan sosial dari beberapa ilmuwan sosial dalam studi kebijakan sosial, salah satunya adalah Gosta Esping-Andersen. Setelah mengikuti kuliah di MGSoG selama satu semester  yang terdiri atas 18 matakuliah, memasuki semester kedua di mana Mulyadi harus mencari pembimbing penulisan desertasi, akhirnya Mulyadi memutuskan pindah mengikuti program  S3 di ADSRI ANU karena beberapa alasan akademis.

 

CurriculumVitae (October2011)-MulyadiSumarto